Pengguna layanan internet dan TV IndiHome tentu sering menjumpai berbagai permasalah seperti error code 1302. Gangguan ini akan membuat kamu gagal untuk melakukan login dan mencoba layanan IndiHome.
Jika sudah demikian, maka tidak akan bisa mengakses aplikasi Video, Netflix, YouTube, ataupun membuka channel TV. Namun tak perlu panik, karena gangguan ini masih bisa kamu atasi sendiri dengan mudah tanpa bantuan teknisi. Simak saja tutorial caranya yang akan kami sampaikan berikut ini!
Penyebab Terjadinya Error Code 1302
Penyebab paling utama dari gangguan ini karena kabel LAN yang masih belum terpasang pada port LAN4. Selain itu, ada banyak sekali penyebab lainnya yang tak kalah penting untuk diketahui, yaitu:
- Terjadinya kerusakan atau error pada STB (Set Top Box).
- Settingan STB (Set Top Box) yang berubah dan tidak sesuai dengan settingan pabrik.
- Settingan port yang merupakan jalur untuk mengakses IPTV pada modem mengalami perubahan.
- Set Top Box dan ONT GPON yang belum bisa terhubung pada Modem IndiHome.
- Hal yang mungkin terdengar aneh dan tidak disadari oleh pengguna layanan IndiHome yaitu terkena sambaran petir.
- Pembayaran tagihan IndiHome yang tidak tepat waktu sehingga semua layanan UseeTV akan diblokir.
Baca: Cara Langganan Netflix Indihome
2 Cara Mengatasi IndiHome Error Code 1302 yang Sederhana
Jika masalah kode error terjadi pada layanan IndiHome kamu, maka harus segera diatasi agar bisa menikmati kembali berbagai layanan internet dan TV dari IndiHome. Setidaknya ada dua macam cara yang bisa dicoba untuk mengatasi permasalah tersebut, berikut Beldinernet.com beri tahu:
1. Mengubah Settingan pada WAN
Sebelum mencoba cara ini maka siapkan juga perangkat yang dibutuhkan seperti smartphone, PC, atau Laptop. Jika semuanya sudah siap, kamu bisa ikuti beberapa tahapan caranya di bawah ini:
- Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka browser melalui perangkat seperti laptop atau smartphone. Masukkan alamat IP berdasarkan merk modem yang dimiliki. Login dengan cara memasukkan Password serta Username yang dimiliki.
- Setelah Login dan masuk ke laman IP, lanjutkan dengan masuk ke bagian Advanced kemudian pilih WAN. Error Code 1302 dikarenakan Connection 3_IPTV_B_VID_111 yang masih belum ada pada WAN Configuration.
- Langkah berikutnya yaitu dengan klik opsi New. Hal ini bertujuan untuk menambahkan 3_IPTV_B_VID_111 baru.
- Pastikan bahwa Settings pada WAN sudah benar. Lalu bisa langsung klik Apply jika ingin menyimpan perubahan.
- Kamu bisa coba melakukan cek secara ulang mengenai status layanan. Setelah klik tombol Apply, 3_IPTV_B_VID_111 akan tersimpan secara otomatis pada layanan. Jika langkah tersebut dilakukan dengan tepat, maka untuk permasalahan error kode sudah teratasi.
Setelah mencoba cara tersebut, mungkin masih ada gangguan lain seperti televisi sudah berhasil menyala tapi hanya mengeluarkan layanan hitam. Hal ini menandakan bahwa masalah error masih belum teratasi secara sempurna.
Sebagai alternatifnya, kamu bisa cari menu Advanced > Application > IGMP. Pada opsi Enable IGMP dan Snooping, kamu bisa klik opsi Yes. Simpan semua perubahan yang sudah dilakukan dengan cara klik Apply
Restart WiFi dan STB yang kamu miliki, kemudian buka channel TV bebas atau sesuai yang diinginkan. Jika TV sudah mengeluarkan gambar dan suara, maka permasalahan ini sudah berhasil diatasi.
2. Mengubah Wired Network dalam Kondisi ON
Selain cara tersebut, ternyata ada alternatif cara lain yang sudah pasti lebih cepat dan praktis. Kamu hanya perlu mengubah Wired Network dalam kondisi ON. Namun jika masih belum paham, simak langkah-langkahnya di bawah ini:
- Pastikan terlebih dahulu bahwa internet yang digunakan dalam kondisi normal.
- Kamu juga harus pastikan kalau kabel LAN modem sudah terhubung pada LAN 4.
- Selanjutnya klik menu “Home” yang ada pada remote. Menu tersebut akan mengarahkanmu menuju ke halaman atau menu utama.
- Jika sudah maka lanjutkan dengan klik opsi Settings kemudian Network.
- Sekarang kamu bisa klik menu Wired Network, lalu pastikan bahwa benar-benar dalam kondisi ON.
- Langkah terakhir adalah dengan klik menu DHCP kemudian restart ulang STB.
Baca: Paket Indihome Internet Only
Jika sudah mencoba cara mengatasi error code 1302 di atas, tentu permasalahan yang kamu alami bisa teratasi dengan mudah tanpa bantuan teknisi. Jika masih belum berhasil juga, silahkan hubungi Indihome di nomor 147. Kamu bisa menjelaskan kronologinya, pihak IndiHome akan segera mengatasinya.